Anak Yatim yang Beruntung

Anak Yatim yang Beruntung

 

Pada salah satu hari raya Rasulullah saw pergi keluar rumah untuk shalat. Di tengah perjalanan beliau melihat sekelompok anak yang sedang bermain dengan riangnya. Namun, di antara anak- anak itu, ada seorang anak yang berpakaian compang-camping dan tampak sedih serta tidak ikut bermain dengan anak-anak lain. Rasulullah saw menghampiri anak tersebut dan bertanya, “Hai, nak. Mengapa engkau bersedih hati, padahal hari ini hari raya?”

Oleh karena anak yang ditanya itu tidak mengetahui bahwa yang bertanya adalah Rasulullah saw, ia pun menjawab, “Wahai, Paman, saya ini anak yatim. Ayahku gugur dalam peperangan membela Rasulullah saw, ibuku menikah lagi dengan seorang laki-laki jahat. Ia telah memakan harta peninggalan ayahku, dan juga telah mengusirku sehingga hihdupku terlunta-lunta seperti ini.”

Mendengarkan penuturan anak tersebut, Rasulullah saw menjadi iba hatinya, seraya berkata, “Wahai, Nak. Apakah engkau rela jika aku ini menjadi bapakmu? Istriku, Aisyah, menjadi ibumu? Ali dan Fatimah menjadi paman dan bibimu? Serta Hasan dan Husain cucu-cucuku menjadi saudaramu?”

Anak kecil itu kaget setelah mengetahui bahwa yang berdiri di hadapannya dan bertutur kata dengannya adalah Rasulullah saw. Selanjutnya ia berkata, “Tentu saja aku rela wahai Rasulullah saw, menjadikan tuan sebagai bapakku.” Semenjak itu anak yatim tersebut menjadi anak asuh Rasulullah saw. Beliau memperlakukan sebagaimana anak kandungnya sendiri. Diberi makan yang cukup, pakaian yang baik, diasuh dirawat, dan dididik sehingga menjadi seorang muslim yang saleh.

(Mursidi dan Saminu.2012.Pendidikan Agama Islam kelas XI semester gasal.Klaten:Viva Pakarindo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s