Buah Manis Kedisiplinan

Buah Manis Kedisiplinan

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bahasan saat ini adalah mengenai Pohon “Kedisiplinan” yang memiliki banyak manfaat bagi pohon itu sendiri dan lingkungan di sekitarnya.

1.      Biji “Kedisiplinan”

Pada awalnya biji “kedisiplinan” ditanam, dan lama kelamaan biji tersebut berkembang, mengeluarkan akarnya dan mulai menyerap air dan mineral dari dalam tanah. utama pohon “kedisiplinan”. Air dan mineral tersebut diseleksi dengan baik, zat manakah yang pantas untuk dijadikan bahan dasar pohon “kedisiplinan”.

2.      Perdu “Kedisiplinan”

Kemudian dari biji tersebut berkembanglah sebuah tanaman yang sudah mulai membesar (biasanya disebut perdu) serta dengan daun yang lebat. Perdu kedisiplinan akan tumbuh dengan baik jika mendapatkan pupuk “tanggung jawab” sesuai dengan porsinya.

3.      Pohon “Kedisiplinan”

Setelah sekian lama jadilah pohon “kedisiplinan” yang membawa banyak manfaat bagi makhluk hidup lain.

4.      Lanjut

5.      Manfaat Bagi Makhluk Lain

a.      Daun

Daun pada pohon ini sangat bermanfaat bagi makhluk lain. Sehelai daunnya memiliki fungsi yaitu menyerap zat racun, hal buruk, atau CO2 kemudian diproses dan dikeluarkan menjadi zat guna, hal baik, atau O2 yang mana zat tersebut sangat dibutuhkan bagi hewan dan manusia. Itu baru sehelai kawan, belum total dari ratusan helai daun dari pohon tersebut.

b.      Ranting

Ranting pada pohon juga dimanfaatkan bagi para semut atau hewan lainnya untuk memperoleh tempat tinggal yang layak. Padahal semut sendiri adalah hewan yang dalam Islam dilarang untuk dibunuh. Lagipula semut adalah hewan yang paling kompak dalam kelompoknya, selalu bekerja sama.

c.       Buah

Buah dari pohon adalah yang paling banyak dicari. Mulai dari cacing, burung, semut, hingga manusia pun juga memanfaatkannya. Ditambah lagi buah yang jatuh masih ada manfaatnya, yaitu makanan bagi bakteri pengurai dan tentunya akan membusuk dan pada akhirnya juga akan menyuburkan tanah.

 

d.      Akar

Akar pohon ini bukanlah tidak berguna. Selain untuk penopang utama dari pohon “kedisiplinan” akar juga berfungsi untuk menahan kandungan air di dalam tanah, sehingga kelembaban tanah terjaga dan tanah akan tetap subur. Serta, akar juga bermanfaat sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

 

Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa pohon “kedisiplinan” sangat bermanfaat, tidak hanya untuk pohon itu sendiri namun juga untuk makhuk hidup dan tak hidup lainnya.

 

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

(sumber:imajinasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s