Manfaat Air yang Luar Biasa

Air

Manfaat Air Yang Luar Biasa

Air memiliki manfaat yang luar biasa. Antara lain yaitu:

1.      Makanan utama bagi makhluk hidup, baik manusia hewan maupun tumbuhan.

Tanpa adanya air maka tanaman tidak akan tumbuh, hewan hewan tidak akan hidup, manusia akan mati. Karena itu Allah swt menciptakan sungai sungai yang banyak agar bbisa mengairi sawah ladang dan Allah swt menciptakan pula air di bawah lapisan tanah yang mudah dijangkau manusia.

2.      Membersihkan dan menyucikan manusia dari kotoran

Bagi manusia ataupun makhluk hidup lain air berfungsi untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menyucikannya. Kadangkala hewan juga dapat ditemui pada sungai sungai ataupun danau, tidak lain dan tidak bukan, mereka bertujuan untuk membersihkan diri mereka dengan air sungai. Bagi manusia air sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari hari seperti membersihkan kendaraan, mecuci pakaian, mandi, dan lain sebagainya.

3.      Sebagai media transportasi

Media transportasi air, terutama di laut adalah hal yang sering ditemui. Adanya pelabuhan adalah salah satu bukti nyata bahwa air bermanfaat bagi media transportasi di air. Tidak hanya di laut, di sungai pun kadangkala kita temui penduduk yang memanfaatkan air sebagai media transportasi.

4.      sebagai pengencer dan pelarut

Betapa banyak cairan yang ia menjadi cair karena air dan tidak akan bisa di encerkan denagn cairan lain seperti minyak atau alkohol. Lihatlah buah mangga yang mengandung air dan semua buah lain yang segar. Bagaimana bila tiada air di dalamnya? Dapat ditebak bahwa buah itu akan kering kerontang.

5.      Sumber dari rasa segar

Rasa segar timbul dari adanya rasa air yang netral. Andaikan tidak ada zat tak berasa seperti air maka makanan dan buah manakah yang akan terasa segar? Rasa manis tanpa adanya pelarut netral seperti air tidak akan bisa dirasakan nikmat oleh manusia. Bahkan dalam mulut pun terdapat air ludah yang berbahan dasar air sehingga manusia bisa merasakan nikmatnya zat-zat padat yang tak mengandung air. Bayangkan andai saja tak ada air di dalam ludah manusia.

6.      Sumber kehidupan yang terjaga dari tangan manusia

Air laut dan sungai telah menjadi suatu alam kehidupan tersendiri yang sulit unutk dijangkau oleh manusia karena lkuas dan dalamnya. Keadaannya yang sulit terjangkau ini menjadikan lebih terjaga sepanjang zaman dan membuat sistem alam terjaga keseimbangannya. Berbeda dengan alam di darat yang amat mudah rusak dalam jangka waktu yang tak terlalu lama. Di dalam laut sesungguhnya terdapat sumber rejeki manusia yang terjaga keseimbangannya sehingga tiada pernah habis dari zaman ke zaman.

(Amirta,Yolanda.2007.Sehat Murah Dengan Air.Purwokerto:Keluarga Dokter)dengan perubahan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s